Desa Air Hitam yang di Kualuh Leidong

🔈 0
Tanah gambut
Sewaktu masih anak-anak, sering mendengar tempat ini. Jarak tempuhnya, dari kampung halaman sekitar 2 jam perjalanan.

Pada tahun 2000-an, aku yang baru beranjak dewasa, ketika tinggal di Tanjung Leidong dibawakan beberapa ekor kalajengking ABS (Asian Black Scorpion), oleh teman-teman sepupuku.

Itu pertama kalinya melihat kalajengking berukuran sebesar itu. Sebelum itu, kalajengking yang aku tau hanya seukuran laba-laba dan sering mendiami cela-cela pelepah kelapa, umum di temukan di Sei Berombang, Panai Hilir.

Kalajengking ABS, ketika itu aku lihat banyak di awetkan rekan seumuran, untuk di jadikan gantungan kunci dan sebagainya.

Dan asal muasal kalajengking Abs ini, lagi-lagi dari satu desa di Kualuh Leidong yang terkenal akan hewan di alam liarnya.

Singkat cerita, ketika akhirnya tau jalan menuju spot lokasi, terhitung beberapa kali melakukan trip memancing ke area ini.

Dan apa khas dari tempat ini adalah tanah gambutnya, dan air berwarna hitam yang mengaliri sungai dan kali nya. Dan nama desanya sendiri juga berasal dari air cokelat yang pekat ini.

Dan apa ikan yang bisa dipancing dari tempat ini? Ternyata menurut orang, ikan limbat dan tapah ada di sini kalau tau mencari spotnya.

Namun yang aku dapat sendiri adalah ikan seluang berukuran satu telapak tangan orang dewasa berwarna kemerahan, yang berkamuflase baik dengan keadaan air yang ada. Selain gabus dan ikan baung.

Tapi yang tidak akan terlupakan adalah, "pemandangan" bagaimana kalajengking sekali-kali berkeliaran di tengah terang hari.

Pernah lagi cari cacing tanah karena umpan persediaan habis, saat membalik sekeping batu alam, ada seekor lipan dengan sekumpulan anak nya yang berwarna putih diatas badannya, mengagetkan ku.

Dan kalau cukup jauh keliaran, spesies elang yang tidak umum sering kelihatan bertengger di dahan sawit perkebunan maupun pepohonan besar.

Tapi karena sendirian, dan konon katanya harimau masih eksis di tempat ini, dan mengingat area nya di pinggiran hutan dan perkebunan, agak-agak canggung juga berlama kalau jauh dari pemukiman.

Tentang Author

St
Dikirim pada -
" Selamat datang, selamat membaca dan selamat berseluncur "

Share ke

Komentari

Posting Komentar

suntuy.com @ 2024
Top
Loading...