Musim Ikan naik ke darat cari air

🔈 0
Aku dan satu orang lainnya bergantian menuntun sepeda karena tak dapat di kayuh lagi. Hujan membuat jalan becek, dan tanah menumpati bagian lingkar dan garpu sepeda.

Dan itu merupakan hujan deras yabg pertama kali mengguyur, setelah kemarau.

Kalau ngak salah dibulan Agustus. Perjalanan kami menuju sekolah ternyata akhirnya gagal.

Dan di tengah kondisi sepeda yang macet karena di lengketi tanah, dan jalan yang susah di langkahi karena licin, dan rintik hujan yang menerpa, saat itulah melompat seekor ikan gabus besar keluar dari paret sawah.

Perjalanan kami memang melalui persawahan padi. Dari paret yang sudah sekian lama kering tiba tiba muncul seekor ikan gabus besar.

Sebelum menyeberang ke sisi paret sawah lainnya, sempat kami tangkap. Tapi tidak semudah itu menangkap seekor ikan secara tangan kosong.

Sangat mungkin itu adalah induk gabus yang membawa telur dan lagi mencari tempat yang pas untuk bertelur, karena musim hujan sudah tiba.

Setelah itu hingga beberapa bulan, di tempat itu akan muncul banyak rawa, dan area persawahan akan di genangi air. Dan ikan ikan tersedia untuk di serok atau pun dipancing.

Dan salah satu ikan hias, cupang lokal (Betta Imbellis) induk nya dapat di temukan di awal musim penghujan, di tempat tempat khusus. Penerus nya dapat di temukan setelah musim penghujan di genangan air dan paret.

Tentang Author

St
Dikirim pada -
" Selamat datang, selamat membaca dan selamat berseluncur "

Share ke

Komentari

Posting Komentar

suntuy.com @ 2024
Top
Loading...